Siklus Hidrologi Air

Siklus hidrologi air adalah sirkulasi yang tidak pernah berhenti dari air bumi. Air bisa berpindah dari darat ke udara kemudian ke darat lagi bahkan tersimpan di bawah permukaan dalam tiga fase yaitu air, es dan uap. Siklus hidrologi adalah salah satu dari daur bigeokimia. Siklus ini memainkan peran yang penting dalam ilmu meteorologi, cuaca dan iklim.

Walaupun keseimbangan air di bumi tetap konstan dari waktu ke waktu, dan molekul air bisa datang dan pergi serta keluar dari atmosfer. Air berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Sebagai contoh dari sungai ke laut, dari laut ke atmosfer, melalui proses fisik seperti penguapan, kondensasi, limpasan, infiltrasi dan presipitasi. Berdasarkan hal itu maka air berjalan melalui fase yang berbeda yaitu cair, gas, padat.

Siklus hidrologi air melibatkan adanya pertukaran energi panas yang menjadi penyebab perubahan suhu. Sebagai contoh dalam proses penguapan dimana air mengambil energi dari sekitarnya dan mendinginkan lingkungan. Sedangkan dalam proses kondensasi dimana air melepaskan energi dengan lingkungan.

Siklus ini secara signifikan berperan dalam pemeliharaan kehidupan ekosistem di bumi. Saat air dalam reservoir masing-masing berperan penting, siklus air membawa signifikansi ditambahkan ke dalam keberadaan bumi. Transfer air dari satu reservoir ke yang lain, siklus air akan memurnikan air lalu mengisi ulang tanah dengan air tawar dan membawa mineral ke berbagai bagian di bumi. Siklus ini juga terlibat dalam membentuk kembali fitur geologi bumi melalui proses seperti sedimentasi dan erosi. Siklus air ini juga melibatkan pertukaran panas yang berpengaruh pada kondisi iklim bumi.

Seperti halnya proses fotosintesis pada siklus karbon, dalam siklus hidrologi ini matahari berperan sangat penting. Matahari sebagai sumber energi yang mendorong siklus hidrologi untuk memanaskan air dalam samudera dan laut. Efek dari pemanasan ini, air menguap sebagai uap air ke udara. Sebanyak 90 persen air yang menguap berasal dari air laut. Es dan salju juga bisa menyumblim dan menjadi uap air karena pemanasan dari matahari.

Proses Siklus Air, siklus air hidrologi, SIKLUS HIDROLOGI, siklus hidrologi air