Penyebab Pencemaran Air

Pencemaran air merupakan suatu perubahan keadaan pada suatu tempat penampungan air. Kebanyakan penyebab pencemaran air akibat aktivitas manusia. Lautan, sungai, danau, air tanah memegang peranan penting dalam siklus kehidupan manusia serta merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Karena sifatnya yang mudah melarutkan berbagai macam zat, air bisa membawa sedimen dan polutan. Berbagai macam fungsi air sangat membantu kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya. Air adalah pemegang peranan penting dalam kehidupan manusia bahkan sebagai bagian penting kehidupan yang ada di bumi.

Pemanfaatan terbesar sungai, lautan, air tanah, dan danau adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku untuk air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan, limbah dan sebagai obyek wisata. Terjadi pencemaran air pada sumber-sumber air seperti sungai, laut, danau dan air tanah yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Air bisa disebut tercemar apabila tidak bisa dipakai sesuai dengan fungsinya.

Berbagai fenomena alam seperti pertumbuhan ganggang, gunung meletus, pertumbuhan gulma yang cepat, badai serta gempa bumi merupakan penyebab pencemaran air yang membuat kualitas air berubah namun fenomena tersebut tidak bisa disalahkan sebagai penyebab pencemaran air. Pencemaran air bisa disebabkan oleh limbah industri, pertanian, rumah tangga, perumahan, industri, penangkapan ikan dengan menggunakan racun/bom. Polutan industri antara lain politan organik, polutan anorganik, sisa bahan bakar, tumpahan minyak tanah dan oli. Bahan-bahan tersebut merupakan sumber utama pencemaran air khususnya air tanah.

Adanya pengundulan hutan untuk pembukaan lahan pertanian, perumahan serta kontruksi bangunan lainnya membuat pencemaran air tanah. Berbagai limbah rumah tangga seperti sampak organik seperti sisa-sisa makanan, sampah anorganik seperti plastik, gelas dan kaleng serta bahan kimia dari detergen, batu batere juga mempunyai peran besar dalam pencemaran air baik air pada permukan maupun air tanah.

Penyebab pencemaran air bisa mencakup unsur-unsur kimia, bakteri dan perubahan sifat fisika dan kimia air. Banyak unsur kimia merupakan racun yang mencemari air. Bakteri atau patogen mengakibatkan pencemaran air sehingga bisa menimbulkan penyakit pada manusia serta binatang. Sifat fisika dan kimia air meliputi derajat keasaman, suhu, konduktivitas listrik, dan sterilisasi permukaan air.

penyebab pencemaran air