Pengertian Air Bersih

Unsur yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan adalah air. Air adalah subtansi kimia yang tersusun dari dua atom hidrogen yang terikat dengan satu atom oksigen atau rumus kimianya adalah H2O. Air berbentuk cairan yang tidak mempunyai warna dan tidak mempunyai rasa dan bau. Air merupakan zat pelarut yang sangat baik yang mempunyai kekuatan untuk melarutkan berbagai zat kimia dan berbagai jenis molekul organik.

Salah satu faktor yang penting dalam penggunaan air di kehidupan sehari-hari adalah untuk air minum. Sumber daya berbasis air yang bermutu baik dan biasa dimanfaatkan oleh manusia untuk dikonsumsi atau dalam melakukan aktivitas mereka sehari hari termasuk diantaranya adalah sanitasi.  Air bersih dapat diartikan air yang memenuhi persyaratan untuk pengairan sawah, untuk treatment air minum atau untuk treatmen air sanitasi.

Pengertian air bersih adalah air tersebut harus bebas dari berbagai mikroorganisme yang merupakan penyebab berbagai penyakit serta harus terbebas dari bahan kimia yang bisa merugikan kesehatan. Air adalah zat yang penting bagi kehidupan. Tidak ada satupun makhluk yang ada di bumi yang tidak membutuhkan air.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 65 hingga 75 persen dari berat tubuh manusia terdiri dari air. Sesuai dengan ilmu kesehatan setiap orang membutuhkan air minum sebanyak 2,5 hingga 3 liter setiap harinya. Manusia bisa bertahan hidup tanpa makan namun tidak bisa bertahan tanpa minum.
Pengertian air bersih adalah yang bisa memenuhi persyaratan untuk air minum, untuk pengairan sawah dan untuk sanitasi. Persyaratan akan air bersih dilihat dari syarat kandungan kimia, biologis dan fisika. Secara umum, air yang aman dan sehat bisa dikonsumsi manusia.Dilihat secara fisik, air tersebut haruslah tidak berbau, tidak mempunyai warna dan tidak mempunyai rasa.

Dari segi kimia, air yang bersih mempunyai ph yang netral, tidak mengandung logam berat berbahaya dan tentu saja tidak beracun. Selain itu, air bersih mengikuti berbagai parameter yang sudah memenuhi aturan pemerintah setempat. Parameter tersebut antara lain adalah kesadahan, yaitu kemampuan air untuk membentuk busa bila dicampur dengan air. Alkalinitas yang menunjukkan konsentrasi asam dan basa air. Parameter yang lain adalah pH air, karbon dioksida dalam air, dan salinitas yang menjadi parameter untuk menunjukkan jumlah bahan terlarut di dalam air.

Post related to 'Pengertian Air Bersih':