Kriteria Air Bersih

Air dapat dikatakan bersih bukan hanya dilihat dari kejernihan air, bau, dan warna. Air bersih memiliki beberapa karakteristik. Air bersih yang layak untuk dikonsumsi memiliki kriteria yang lebih tinggi dibandingkan dengan air bersih yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. kriteria yang harus dimiliki air bersih diantara memenuhi karakteristik fisik, kimia maupun karakteristik mikrobiologi.

Kriteria air bersih secara fisik

air harus jernih dan tidak keruh, tidak memiliki warna, tidak memiliki rasa, tidak berbau, memiliki suhu antara 10-25 derajat celcius (sejuk), dan yang terakhir tidak meninggalkan endapan apabila didiamkan. Air dapat dikatakan bersih juga harus memenuhi karakteristik air bersih selanjutnya yaitu secara kimiawi.

Kriteria air bersih Secara Kimia

haruslah tidak mengandung bahan kimia yang toksik, banyaknya zat-zat kimiawi yang terlarut dalam air tidak berlebihan, memiliki cukup yodium, mengandung mineral organik yang dibutuhkan tubuh, tidak mengandung mineral anorganik, tidak mengandung dlogam berat, memiliki kesadahan rendah, dan memiliki rentan pH tidak terlalu asam ataupun terlalu basa ( pH 6.5-9.2). Selain karakteristik fisik dan kimiawi air dapat dikatakan bersih juga apabila dapat memenuhi karakteristik mikrobiologi.

Kriteria air bersih secara mikrobiologi

Air tidak mengandung kuman-kuman dan virus yang dapat menyebabkan penyakit seperti tipus, kolera, disentri, diare, demam berdarah, hepatitis. Jika air telah memiliki karakteristik air bersih yang telah kita bahas sebelumnya tadi, dimana standar mutu telah dipenuhi atau telah sesuai maka dampak yang mungkin akan terjadi kedepannya dapat menentukan kualitas dari air bersih yang kita inginkan.

Menurut kementrian kesehatan Republik Indonesia penyediaan air bersih yang ada di masyarakat sudah harus memenuhi kulaitas dan kuantitas yang telah ditentukan seperti air yang dihasilkan harus baik dan layak untuk diminum, aman, higienis, terjangkau oleh masyarakat sekitar, harga yang relatif murah dan juga tersedia dalam jumlah yang cukup banyak. Jika hal-hal krusial tersebut telah dipenuhi, maka kesehatan masyarakat disekitar adanya instalasi air bersih tersebut juga tentunya akan semakin baik.

ciri spesifikasi dikatakan air jernih secara fisik, kriteria air bersih, kriteria air bersih berdasarkan sifat fisika, kriteria air yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit