Ciri Ciri Air Bersih

Air bersih merupakan salah satu kebutuhan yang paling penting dalam kesehatan lingkungan. Air bersih sangat dibutuhkan dalam kegiatan sehari-hari seperti minum, masak, mandi, mencuci dan lain sebagainya. Kebersihan air merupakan masalah penting yang harus diperhatikan karena kebersihan air akan menunjang kesehatan kita. Dengan mengkonsumsi dan menggunakan air bersih maka kita terhindar dari berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang dapat ditimbukan karena tidak bersih diantaranya adalah disentri, tiphus, cacingan, malaria, keracunan, penyakit kulit, kolera dan juga diare.

Kebersihan air perlu diperhatikan agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit. Karena air begitu penting bagi kehidupan makhluk hidup terutama manusia. Oleh karenaitu kita perlu mengetahui bagai mana ciri-ciri air bersih yang dapat kita konsumsi. Komponen yang harus diperhatikan untuk mengetahui ciri-ciri air bersih yang dapat kita konsumsi diantaranya adalah bau, rasa, suhu, TDS atau jumlah zat padat terlarut dan kekeruhan.

Air yang bersih adalah air yang tidak berbau. Bau yang terdapat di dalam air dapat disebabkan karena adanya pembusukan oleh bakteri ataupun merupakan dampak tidak langsung dari tercemarnya air oleh sanitasi yang buruk misalnya air limbah. Air bersih juga adalah air yang tidak memiliki rasa. Rasa yang dimiliki oleh air diantaranya dapat disebabkan oleh adanya zat organic yang terkandung dalam air tersebut. Suhu air bersih seharusnya tidak tinggi karena suhu tinggi dapat menyebabkan kenaikan aktifitas biologis,sehingga O2 yang terbentuk dapat lebih banyak.

Kenaikan suhu air yang terjadi secara alami juga dapat disebabkan oleh aktifitas penebangan vegetasi pada daerah sekitar sumber air. Sehingga sinar matahari yang masuk akan semakin banyak dan mempengaruhi akifer yang terdapat dalam air baik secara langsung maupun tidak langsung. TDS (Total Dissolved Solid) atau total bahan padat yang terlarut.

Zat-zat padat yang terlarut dalam air bersih yang digunakan untuk dikonsumsi sebaiknya kurang dari 500 mg/L. Pada kelebihan total padatan dari yang seharusnya dapat menimbulkan rasa air yang tidak enak dan rasa mual. Air yang bersih seharusnya tidak berwarna atau jernih. Kekeruhan dapat disebabkan oleh bahan-bahan organic dan anorganik yang terdapat dalam air dapat juga menjadi indikasi bahwa adanya pencemar dalam air tersebut.

air bersih adalah tidak berbau karene terhindar dari, ciri air bersih adalah tidak berbau karena terhindar dari, ciri ciri air bersih, ciri ciri airbersih, salah satu ciri air bersih adalah tidak berbau karena terhindar, salah satu ciri air bersih adalah tidak berbau karena terhindar dari, salah satu ciri air bersih adalah tidak berbau karena terhindar dari apa