Artikel Tentang Air

Artikel tentang air. Sebanyak tujuh puluh persen dari tubuh manusia mengandung air. Kesehatan kita bergantung pada kualitas air yang masuk ke dalam tubuh kita. Struktur kimia air adalah H2O. Air terdiri dari 2 bagian hidrogen dan 1 bagian oksigen. Tanpa air maka tubuh akan rusak dan segala proses dalam tubuh tidak bisa dijalankan secara maksimal.

artikel airApabila tubuh mengalami masalah kekurangan air akan menyebabkan tubuh mengalami gangguan metabolisme hingga akhirnya jatuh sakit. Kebutuhan akan air bagi tiap orang tidaklah sama. Kebutuhan air pada tubuh tergantung dari berat badan serta aktifitas yang dilakukan seseorang. Semakin tinggi berat aktifitas seseorang maka kebutuhan akan air juga semakin tinggi.

Berbagai artikel tentang air banyak ditulis khususnya tentang manfaat air. Salah satu manfaat air adalah baik bagi perkembangan mental. Sebanyak delapan puluh persen jaringan otak terbuat dari air. Oleh karena itu air sangat penting untuk menjaga kandungan air bagi otak. Bukti dari uji klinis adalah dehidrasi bisa mengurangi kinerja otak untuk menyimpan memori jangka pendek serta bisa mengganggu konsentrasi.

Air bisa melindungi tubuh dari penyakit kronis. Penyakit kronis seperti arthritis atau gangguan pada otot-otot atau jaringan tubuh, kanker dan penyakit jantung bisa dijauhi. Air bekerja sebagai pembersih bagi saluran pencernaan dan pelumas pada persendian serta pengontrol kadar garam di dalam tubuh. Apabila kebutuhan akan air tercukupi maka sistem metabolisme dalam tubuh bisa berjalan dengan baik.

Manfaat air yang lain adalah air bisa membantu mengontrol berat badan. Air bisa menekan nafsu makan, selain itu air juga baik untuk metabolisme tubuh. Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa mengkonsumsi enam gelas air secara teratur selama setahun bisa melunturkan lebih dari dua kilogram lemak.

Tidak hanya untuk tubuh, air juga baik bagi kesehatan gigi. Gigi mengalami kerusakan berasal dari penumpukan asam yang menggerogoti enamel gigi namun air liur bisa menetralkan asam tersebut. Apabila kebutuhan tubuh akan air terpenuhi dengan baik maka seseorang akan mempunyai air liur yang cukup untuk menetralkan tingkat keasaman dalam mulut.

artikel tentang air, artikel air