Air Kapur

Air kapur atau yang lebih dikenal dalam rumus kimia sebagai kalsium hidroksida/ Ca(OH)2 adalah suatu campuran antara air dan senyawa kimia tak berwarna atau berupa bubuk putih CaO. Selain itu air kapur Ca(OH)2 juga dapat dihasilkan oleh campuran antara larutan kalsium klorida dan larutan natrium hidroksida. Air kapur ini merupakan larutan yang memiliki tigkat kekuatan basa cukup kuat.

Larutan ini dapat bereaksi dengan sangat baik dengan larutan asam juga dengan beberapa logam dengan bantuan air tentunya. Larutan ini akan menjadi berwarna cukup keruh jika dilewatkan dengan aliran gas karbon dioksida. Hal ini dapat dikarenakan jika air kapur ini diberi aliran gas karbon dioksida maka akan menghasilkan endapan kalsium karbonat yang menjadikan larutan air ini menjadi berwarna keruh.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, air kapur ini memiliki tingkat basa yang cukup kuat dengan pH 12-13. Bahan ini cukup sering digunakan untuk keperluan direct pulp capping. Direct pulp capping merupakan suatu perlindungan pada pulpa dalam keadaan yang masih cukup sehat dengan menggunakan bahan yang antiseptic atau sedative yang berguna untuk mempertahankan fungsi dan vitalitas dari pulpa.

Sifat bahan yang cukup alkali inilah yang cukup banyak memberikan kontribusi pada jaringan. Hal ini dapat dikarenakan sifat basa yang terkandung dalam air kapur Ca(OH)2 dan juga pelepasan ion kalsium akan bereaksi dengan jaringan sehingga menjadi cukup alkalis. Secara umum, kegunaan dari air kapur ini ada tiga,yaitu yang pertama adalah sebagai flocculant pada air, pengelolaan pada tanah yang memiliki keadaaan cukup asam serta sebagai salah satu bahan dalam pengolahan limbah.

Kegunaan kedua dari air kapur adalah sebagai bahan alkali untuk menggantikan peran dari natrium hidroksida. Kegunaan yang terakhir dari air kapur ini adalah sebagai reaktan atau pereaksi kimia. Reaktan atau pereaksi kimia adalah bahan yang dikonsumsi atau menyebabkan terjadinya suatu reaksi kimia tertentu. Dalah hal ini, air kapur Ca(OH)2 seperti telah kita ketahui akan bereaksi cukup baik dengan bahan asam.

air kapur, fungsi air kapur, rumus kimia air kapur, pengertian air kapur, kegunaan air kapur, manfaat air kapur, air kapur adalah, rumus air kapur, keadaan air kapur, larutan kapur, fungsi kapur, sifat air kapur, larutan air kapur, kandungan kapur sirih, kegunaan kalsium hidroksida